Informasi CPNS Terupdate

Saksi Kasus CPNS Diperiksa Ulang

Posted on: June 14, 2011

Kepolisian Resor (Polres) Kota Pagaralam kembali akan memeriksa semua saksi terkait kasus penyelewengan hasil tes penyaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2009.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengungkap kasus tersebut sehingga bisa diajukan ke meja hijau. Menurut Kapolres Kota Pagaralam AKBP Abi Darrin, pihaknya akan kembali memeriksa semua saksi di lingkungan BKD dan Pemkot agar didapatkan data yang diperlukan dalam mengusut kasus itu.

“Kami akan melakukan pemeriksaan ulang kasus CPNS tersebut untuk memastikan kembali data pendukung penyimpangan tersebut. Sebab, Balai Penelitian dan Teknologi (Balitek) Unsri justru tidak bersedia memberikan data hasil tes tersebut,”ungkapnya didampingi Kasubag Humas AKP Budi Yusfandi kemarin. Memang untuk saat ini,kata dia,Kepala BKD sudah ditetapkan sebagai tersangka namun belum bisa dilakukan pemeriksaan karena sakit dan menjalani pengobatan di luar negeri yakni Malaka,Malaysia.

“Dalam pengusutan perlu data pendukung lain yang dapat mempermudah dalam penyidikan kasus ini sehingga bisa lebih jelas.Apalagi,Kepala BKD meski belum pernah diperiksa, sudah ditetapkan tersangka. Karena itu,kami butuh data pendukung yang kuat,” katanya. Meskipun,dalam pemeriksaan awal, kata Kapolres,Kepala BKD Sukaimi sudah jadi tersangka dan empat orang saksi sudah dilakukan pemeriksaan, yakni Sekda H A Fachri,mantan Kabid Formasi Feriyanto,Kabid Formasi M Herizon,dan mantan Kabid Formasi Yahya.

“Namun, karena saya baru menjabat dan belum paham betul proses kasus ini,sehingga dibutuhkan data tambahan dari pemeriksaan saksi-saksi,” katanya sambil menambahkan, hasil pemeriksaan yang lalu, memang sudah didapatkan cukup bukti awal apabila pada pelaksanaan penerimaan CPNS Pagaralam terdapat banyak penyimpangan, seperti mengubah hasil tes dan ada peserta lewat umur,tapi lulus. “Untuk saat ini kita baru akan memanggil Kepala BKD Sukami dan koordinasi dengan Rektor Unsri untuk mengetahui pasti aturan main dalam proses pengumuman hasil tes CPNSD, apa ada dasar hukumnya pengumuman tidak transparan,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Pagaralam Sastra Dwikora Negara mengatakan,kalau memang cukup bukti ada indikasi penyimpangan dalam proses rekrutmen CPNS Pagaralam,silakan penyidik melakukan pengusutan secara tuntas sehingga dapat diketahui siapa saja yang terlibat dalam kecurangan tersebut.

“Sudah bukan rahasia umum lagi jika setiap pelaksanaan penerimaan CPNS di Pagaralam tidak murni dan bahkan formasi 2009 lalu lebih parah lagi kalau mau diusut, ada nama dobel, lulus, tapi diganti orang lain, dan ada juga masih cukup banyak kejanggalan lainnya,”ucapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: