Informasi CPNS Terupdate

Sindikat Penipuan CPNS Dibongkar

Posted on: June 14, 2011

Sindikat penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan jaringan di berbagai daerah dibongkar Polres Sidoarjo. Ratusan orang sudah menjadi korban dengan kerugian sekitar Rp2,5 miliar.

Kemarin,dua tersangka anggota sindikat diringkus. Mereka adalah H Achmadi, 51, dan Endik Prayitno, 45, asal Banyuwangi. Keduanya ditangkap di Wisma Melati, Desa Bungurasih, KecamatanWaru,sekitar pukul 13.30 WIB. Polisi juga mengamankan Nonok Wartono, anggota Satpol PP Pemkab Sidoarjo,warga Pondok Sidokare Asri I-7, Sidoarjo, untuk dimintai keterangannya terkait kasus tersebut. Sebab,saat polisi menggrebek lokasi,Nonok berada di sana.

Saat ini, polisi masih memburu tiga nama lain yang diduga menjadi bagian sindikat ini.Mereka adalah Elizabet Susanti,asal Surabaya,Yusman dan Muat Zaini asal Sidoarjo. Sindikat ini terbongkar setelah ada laporan dari sejumlah korban.Menurut mereka, siang kemarin ada pertemuan di RM Qen,di Perum Taman Pinang, Sidoarjo untuk mengambil SK CPNS di Pemprov Jatim. Selain itu, polisi juga mendapat informasi kalau tersangka Achmadi menginap di Wisma Melati,Bungurasih sembari menunggu korban berangkat dari Banyuwangi.

”Berdasarkan laporan korban itulah kemudian kita bergerak menggerebek tempat pertemuan,”ujar Kapolres Sidoarjo AKBP Eddy Hermanto. Di tempat tersebut polisi akhirnya mengamankan 11 orang yang merupakan korban penipuan CPNS, termasuk Nonok Wartono yang juga berada di lokasi.Sementara H Achmadi dan Endik Prayitno, ditangkap disalah satu kamar Wisma Melati,Bungurasih,Sidoarjo. Mereka kemudian dibawa ke Mapolres Sidoarjo untuk diproses lebih lanjut.

Dari tangan tersangka, polisi menemukan barang bukti puluhan ijazah, daftar nama calon CPNS dan uang Rp 4,4 juta. Sementara menurut pengakuan dari 11 korban, mereka sudah menyetor uang ke Achmadi yang jumlahnya Rp636 juta.Namun, jika melihat dari sebanyak 104 orang yang melalui Achmadi kerugian sekitar Rp2,5 miliar. Kasatreskrim Polres Sidoarjo AKP Ernesto Seiser menuturkan, dalam aksinya sindikat ini terbagi dalam beberapa koordinator. Salah satu koordinatornya adalah Achmadi yang mencari mangsa di Kabupaten Banyuwangi.

Untuk lulusan S1 dia meminta Rp80 juta, D3 Rp60 juta dan SMA Rp40 juta. Aksi ini sudah berjalan sejak 2010 lalu, mereka dinyatakan sudah diterima menjadi PNS dan tinggal menyerahkan SK pengangkatan saja. Ernesto menduga masih banyak korban lain yang tertipu. ”Korban diiming-imingi bisa masuk PNS sejak tahun 2010 lalu, tapi kenyataannya ditipu,” tandasnya. Suyono, asal Kecamatan Cluring, Banyuwangi, teman SMP Achmadi yang anaknya juga menjadi korban,tidak menyangka kalau teman sesama pensiunan PNS tersebut tega menipunya.

”Saya dimintai uang Rp75 juta dan diangsur tiga kali dengan janji Tyas anak saya bisa masuk PNS.Kok tega sama teman sendiri,” ujarnya yang mengaku anaknya lulusan D3 Bahasa Inggris. Korban lain, Dita Rahmi Utami, 25,warga Desa Gedang, Kecamatan Porong, mengaku ditawari menjadi PNS Pemprov Jatim setahun lalu oleh Arif,yang tinggal di Gang Ilmu, Jalan Semarang,Bubutan,Surabaya. Dita dimintai uang Rp40 juta. Uang sebesar tersebut diangsur selama dua kali.”Pertama saya setor Rp9 juta, lalu Rp30 juta karena akan menerima SK,”ujarnya.

Achmadi di depan penyidik mengaku diajak Nur Zain,warga Ganggang Panjang,Tanggulangin. Nur Zain yang juga kepala salah satu SD di Tulangan, Sidoarjo, itu dikenal Achmadi kenal dengan Elizabet Susanti, orang yang mengaku dekat dengan Gubernur Jatim H Soekarwo. Ahmadi juga mengaku dia sudah menyetor uang kepada Elizabet sekitar Rp636 juta.

Sejauh ini polisi masih menyelidiki kasus ini termasuk keterlibatan tersangka lainnya. Sebab, diduga korban penipuan sindikat calo PNS tersebut masih banyak lagi. ”Tersangka akan dijerat dengan Pasal 372 dan 378, yaitu tentang penipuan dan penggelapan,” pungkas Ernesto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: