Informasi CPNS Terupdate

Pemkot Usul 1.718 Formasi CPNS Baru

Posted on: June 21, 2011

Banyak kalangan menilai jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Surabaya lebih dari cukup. Tapi, tidak bagi Pemkot Surabaya.

Buktinya,pemkot mengajukan formasi calon PNS baru sebanyak 1.718 formasi.Pengajuan sudah diajukan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Yayuk Eko Agustin menuturkan pengajuan penambahan formasi sesuai dengan kebutuhan pemkot. Salah satu alasan jumlah penduduk sangat banyak. Sehingga formasi baru CPNS dibutuhkan untuk bisa menutup kekurangan tersebut. Dari 1.718 formasi baru tersebut dengan perincian untuk tenaga kependidikan sebanyak 1.184 formasi,tenaga kesehatan 324 formasi dan tenaga teknis membutuhkan 210 formasi.

Menurut Yayuk, dari jumlah pengajuan itu, biasanya hanya disetujui sekitar 300 sampai 400 formasi saja.”Biasanya karena menyesuaikan anggaran negara yang ada,”ungkapnya. Ia menjelaskan, jika nantinya Men PAN dan RB hanya meloloskan 300 formasi saja, itu berarti Pemkot kekurangan 500 formasi pada tahun ini.Sebab selama 2011,PNS Pemkot Surabaya yang mengalami masa pensiun sebanyak 800 orang lebih. Jika pemkot kekurangan pegawai, secara tidak langsung bisa mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi jumlah warga yang ada di Surabaya jika siang hari mencapai 5 juta orang lebih,sedangkan jika malam hari 3 juta orang lebih. Saat ini, jumlah PNS Pemkot Surabaya sebanyak 19.896 orang. Dengan rincian tenaga pendidik 11.235 orang, tenaga kesehatan 890 orang dan tenaga struktural 7.861 orang. ”Tahun lalu, jumlah PNS pemkot mencapai 21.000 orang lebih. Sekarang hanya sekitar 19.000 saja,”jelasnya.

Yayuk menilai kebutuhan penambahan formasi sangat mendesak dilakukan.Sehingga agar cepat terealisasi,Pemkot Surabaya dalam hal ini BKD berencana meminta audiensi dengan Men PAN.Dalam audiensi tersebut, Yayuk akan menjelaskan formasi mana saja yang sangat penting untuk segera dipenuhi.” Kalau tak begitu,nanti yang disetujui tenaga yang tidak begitu mendesak.Kan nanti jadinya repot kita,”tegasnya. Beberapa formasi yang mendesak di antaranya tenaga pendidikan seperti guru agama Islam, Katolik, Protestan, Hindu dan Budha.

Lalu guru bidang studi seperti bahasa Inggris, dan guru penjaskes. Sedangkan tenaga kesehatan seperti perawat, bidan, dokter umum,dokter spesialis,fisioterapi, petugas laboratorium, dan petugas radiologi. Untuk tenaga teknis, Pemkot Surabaya berharap lebih banyak pendaftar dari lulusan D3 dan SMK.Sebab tenaga teknis ini nantinya akan ditempatkan di lapangan,seperti operator rumah pompa,penyuluh KB atau tenaga akuntansi.

Setiap formasi yang diajukan ke Men PAN, kata Yayuk, sudah dilengkapi dengan rencana penempatan,nama jabatan dan jumlah pegawai yang dibutuhkan dalam suatu instansi.Jadi permintaan yang diajukan tidak secara global. Sementara itu, terkait maraknya aksi penipuan CPNS,Yayuk mengimbau kepada masyarakat agar tak percaya jika ada oknum yang mengaku-ngaku bisa menjadikan seseorang menjadi PNS.”Yang menetapkan kapan rekrutmen CPNS itu pusat. Bukan kita. Jadi kalau ada yang mengaku bisa memasukkan seseorang jadi PNS, janganpercaya,”ungkap Yayuk.

Waktu rekrutmen sendiri belum bisa dipastikan. Sementara itu,Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, kinerja PNS yang ada di lingkungan Pemkot harus bisa ditingkatkan. Selama ini,Pemkot tetap mengedepankan pelayanan publik yang cepat dan baik. ”Ini penting untuk memberikan layanan pada masyarakat ke depan,”katanya.

Sumber : Sindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: