Informasi CPNS Terupdate

Honorer Kategori I Diangkat CPNS

Posted on: June 28, 2011

Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tasdik Kinanto menyatakan, seluruh honorer kategori I akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

”Sebagaimana target kita dan harapan anggota DPR RI, tahun ini seluruh honorer di seluruh pemerintahan provinsi, kabupaten/kota di Indonesia diangkat menjadi CPNS,”ungkap Tasdik saat menghadiri Gelar Komitmen Pelayanan Kepegawaian Berbasis Elektronik Pemerintah Provinsi Sumsel di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, kemarin. Tasdik menjelaskan,saat ini jumlah honorer kategori I atau yang mengacu pada PP No 48/2005 jo PP No 43/2007, sebanyak 60.000 orang di seluruh Indonesia,sedangkankategoriII sebanyak 600.000 orang.

”Tapi yang masuk prioritas tahun ini diangkat CPNS hanyalah kategori I. Kalau kategori II tidak masuk prioritas,”tandasnya. Rata-rata honorer kategori I yang bakal diangkat CPNS secara otomatis kebanyakan guru, sisanya di lingkungan pemerintah daerah. ”Mereka yang diangkat ini sudah mengabdi menjadi honorer sekitar 10–20 tahun atau lebih satu tahun masa kerja dari tahun 2005,” tukasnya. Tasdik mengimbau, tenaga honorer kategori I yang datanya dinyatakan valid atau lengkap supaya bersabar karena dasar hukum atau PP pengangkatan 60.000 honorer yang dibiayai APBN/APBD sedang dalam proses persiapan.

”Yang jelas kita targetkan tahun ini semuanya selesai,”katanya. Sedangkan, untuk honorer kategori II telah disiapkan teknis pengangkatan dengan cara dilakukan tes kompetisi antarmereka. Mengenai waktu tes, kata dia,belum bisa dipastikan karena tahun ini masih fokus untuk pengangkatan honorer kategori I. ”Jadi kita akan tes antarsesama honorer kategori II, yang terbaik akan lulus dan menjadi CPNS, yang tidak lulus akan tersingkir dari honorer,” ujarnya.

Disinggung berapa jumlah kuota CPNS tahun 2011,Tasdik mengaku belum dapat menjelaskan karena masih dibahas bersama Kementerian Keuangan, Kementerian PAN-RB,serta kalangan DPR.”Yang jelas jumlah tahun ini mengalami penurunan jumlah kuota dibandingkan tahun 2010.Sebab,tahun ini kita fokus meningkatkan kuota PNS yang melakukan pensiun dini dan sekarang teknisnya masih digodok,”tandasnya. Tasdikmelanjutkan,pihaknya menargetkan PNS pensiun dini pada tahun ini jumlahnya lebih dibandingkantahunsebelumnya, di mana rata-rata pensiun setiap tahun 110.000–120.000 di seluruh Indonesia.

”Nah, tahun ini kita targetkan harus bisa lebih dari itu,”pungkasnya. Di tempat lain,Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel Muzakir merespons positif rencana Kementerian PAN-RB menuntaskan pengangkatan honorer kategori I di seluruh pemerintah daerah.” Kalau di Pemprov Sumsel yang masuk honorer kategori I sekitar 53 orang dan data-datanya sudah lengkap di BKN pusat, jadi tinggal penetapan pengangkatan saja,” ungkapnya kemarin. Mengenai jumlah total honorer kategori I dan II di Provinsi Sumsel,Muzakir tidak dapat menjelaskan karena belum mendapat laporan terbaru terkait jumlah tersebut.

Dia mengimbau seluruh honorer kategori I yang tersebar di kabupaten/ kota se-Sumsel bersabar karena pemerintah pusat melalui Kementerian PAN dan RB memastikan semua honorer menjadi CPNS.”Kita berharap semua diangkat tahun ini juga. Untuk jumlah honorer di Sumsel bisa ribuan lebih, baik kategori I ataupun II,”katanya.

Sumber : Seputar Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: