Informasi CPNS Terupdate

Pensiun Dini PNS Akan Dikaji Lebih Dalam

Posted on: July 1, 2011

Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi Erry Riyana Hardjapamekas setuju dengan rencana pensiun dini sebagai alternatif pengurangan jumlah pegawai negeri sipil atau PNS. Namun, prinsipnya harus disesuaikan dengan kebutuhan di setiap instansi. “Agar dilakukan kajian mendalam, paling lambat enam bulan. Sementara itu, penerimaan calon PNS dihentikan dulu,” kata Erry di Jakarta, Kamis (30/6).

Sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi E.E. Mangindaan mengatakan, jika sudah tak produktif dipertimbangkan untuk pensiun dini. “Lebih bagus yang potensial,” ucap Mangindaan.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan selain menghentikan perekrutan, pengurangan PNS juga harus mempertimbangkan berbagai aspek. “Tidak hanya soal jumlah saja, tapi juga distribusi, kualfikasi, kebutuhan, kopetensinya yang terkait non teknis dan teknis, jadi harus ada usulan yang mendalam,” ujar Gamawan di Bandung, Jawa Barat.

Usulan pensiun dini ditanggapi beragam oleh sejumlah PNS. Ada yang menilai pensiun dini akan memacu kinerja PNS untuk lebih profesional. Selain itu, ada juga yang menganggap dengan pensiun dini bisa membuka usaha.

Pengkajian soal pensiun dini masih dilakukan meski baru dapat dilaksanakan lima tahun mendatang. Pilihan lain adalah dengan
memindahkan kelebihan pegawai di satu lembaga atau instansi ke tempat lain yang kekurangan, terutama di daerah-daerah. Opsi ini juga tengah dikaji.

Menurut data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, saat ini terdapat 4,7 juta PNS yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Jumlah PNS sebesar ini ternyata menyedot hampir sepertiga APBN. Banyaknya jumlah PNS serta beban anggaran kemudian muncul usulan untuk pensiun dini pada PNS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: