Informasi CPNS Terupdate

DPRD Larang Rekrut CPNS

Posted on: July 4, 2011

Komisi I DPRD Kota Salatiga melarang pemkot setempat melakukan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) hingga lima tahun ke depan.

Legislatif berargumen,penambahan pegawai akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Salatiga. Selama ini, beban anggaran untuk belanja pegawai sudah mencapai 60% dari nilai total APBD. Anggota Komisi I DPRD Salatiga Elizabeth Dwi Kurniasih mengungkapkan,selama beberapa tahun terakhir belanja pegawai di Kota Salatiga lebih besar dibandingkan belanja publik.

Sehingga eksekutif harus bisa melakukan efisiensi anggaran guna peningkatan alokasi anggaran belanja publik. “Anggaran yang dialokasikan eksekutif untuk belanja pegawai sangat besar.Bahkan,pada APBD 2011 perbandingan antara belanja pegawai dengan belanjapubliksudah60berbanding 40.Padahal sesuai ketentuan, belanja pegawai maksimal hanya 30% dari nilai total APBD yang dimiliki kabupaten/kota,” paparnya kemarin. Atas dasar itu, imbuh politikus dari PKPI ini,pemkab harus bisa melakukan efisiensi anggaran belanja pegawai.

Cara yang harus dilakukan adalah tidak melakukan rekrutmen CPNS hingga lima tahun ke depan. “Kami mendesak eksekutif agar pada 2011 hingga lima tahun ke depan tidak melakukan rekrutmen CPNS.Dan kami juga meminta BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Salatiga untuk mencabut usulan formasi yang sudah diajukan ke pemerintah pusat,”tandasnya. Selain itu, kata Elizabeth, Komisi I DPRD Salatiga juga akan meminta BKD mengevaluasi dan menganalisa ulang terkait jumlah CPNS yang dibutuhkan.

Sebab, kalau Pemkot Salatiga setiap tahun melakukan pengadaan CPNS maka beban anggaran belanja pegawai akan bertambah besar. Terlebih, sekarang banyak pegawai yang tidak bekerja dengan optimal.“Coba dilihat di semua SKPD (satuan perangkat kerja daerah) kan banyak PNS yang kesannya menganggur di kantor. Ini perlu dikaji,” kritiknya. Sebelumnya, BKD Salatiga pada 2011 ini mengusulkan sebanyak 584 formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementrian PAN dan RB).

Kepala BKD Salatiga Amien Singgih mengatakan, jumlah formasi CPNS yang diajukan ke Kementerian PAN dan RB mengacu pada kebutuhan pegawai pemkot. “Usulan CPNS baru sebanyak itu,sudah termasuk formasi CPNS yang lowong dan tenaga kependidikan. Dan pengajuan tenaga kependidikan diajukan berdasarkan analisa kebutuhan tenaga pendidik yang dilakukan Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga),”katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: