Informasi CPNS Terupdate

PNS – Pengusaha Miliki KTP Ganda

Posted on: July 6, 2011

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang mencatat, hingga 30 Juni 2011 terdapat 1.000 warga Palembang yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) ganda.

Kepala Disdukcapil Kota PalembangAbdullah Farhan me-ngatakan, sebagian besar warga yang memilikiKTPgandainikebanyakan dari kalangan pengusaha dan pegawai negeri sipil (PNS). “Hingga masa sosialisasi 30 Juni berakhir, masih terdapat sekitar 1.000 warga yang memiliki KTP ganda.

Namun, kita masih memakai cara persuasif sehingga data lama tidak langsung dihapus. Petugas IT kita akan berkomunikasi dengan petugas IT di Disdukcapil kabupaten/ kota lain. Mereka yang akan mencari informasi apakah warga tersebut akan memilih domisili di Palembang atau di daerah tempat tinggalnya sekarang,” ujar Abdullah seusai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Palembang kemarin.

Setelah konfirmasi diperoleh, salah satu KTP warga akan dihapus. Jika tidak,warga tersebut terancam tidak dapat memiliki KTP saat sistem KTP elektronik (e-KTP) diberlakukan pada Agustus nanti. “Nanti,e-KTP yang bersangkutan tidak bisa diproseskarena datanya ganda.

Jadi,saat ini kita masih menunggu warga yang melaporkan jika memiliki KTP ganda. Kami harapkan penduduk Palembang memiliki satu identitas tunggal,sesuai dengan domisili yang dipilih,”ucap dia. Farhan menyebutkan, hingga saat ini dari sekitar 1,646 juta penduduk Palembang, 1,175 juta di antaranya sudah wajib memiliki KTP. Dengan jumlah tersebut, diperkirakan seluruh proses e- KTP akan selesai dalam 100 hari sejak diberlakukan.

“Kami rencanakan dalam sehari 300 e-KTP selesai dibuat. Untuk itu, kami mengimbau warga yang masih punya kartu keluarga dan KTP ganda segera melapor ke kecamatan. Dari kecamatan, data ganda itu kemudian akan kami hapus,”ujarnya. Sementara itu,Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra menyatakan, penertiban KTP dan KK ganda merupakan salah satu upaya pemerintah meminimalisasi ham-batan- hambatan menjelang pemberlakuan e-KTP.

Agar penertiban tersebut lancar, Eddy mengimbau warga Palembang turut berperan dalam program pemerintah kota tersebut. “Saya mengimbau agar warga Palembang dapat berperan aktif, bila memang mempunyai identitas ganda, silakan melapor ke kecamatan masing-masing,”tukasnya. Imbauan senada juga disampaikan anggota DPRD Kota Palembang Mulyadi.

Dia meminta warga secepatnya melakukan konfirmasi perihal identitas ganda yang dimilikinya. Hal tersebut untuk mengurangi risiko pendataan yang tidak teratur di dinas terkait. “Diimbau agar masyarakat secepatnya dapat mendatangi RT/RW terdekat dan melaporkannya. Jika pendataan ini bisa diselesaikan dengan cepat,pemberlakuan e-KTP nantinya tidak ada masalah lagi,”tukasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: