Informasi CPNS Terupdate

Sembilan CPNS Torut Pakai Ijazah Palsu

Posted on: July 7, 2011

Seorang petugas akademik Universitas Negeri Makassar (UNM) memperlihatkan salah satu ijazah palsu di Kampus UNM Makassar, kemarin. UNM menemukan 64 ijazah palsu yang digunakan untuk mendaftar CPNS selama 2011.

Universitas Negeri Makassar (UNM) memastikan sembilan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Toraja Utara menggunakan ijazah palsu. Pembantu Rektor Bidang Akademik UNM Sofyan Salam menduga ada sindikat pemalsuan ijazah yang terorganisir sehingga kejadian tersebut terus berulang. Karena itu, dia meminta kepolisian segera membongkar para pelaku. “Kami minta polisi mengusut tanpa harus menunggu laporan dari UNM karena banyak pekerjaan kami di kampus.

Sebaiknya pemerintah daerah yang melaporkan kasus ini ke polisi,” kata Sofyan Salam di Makassar kemarin. Dari sembilan CPNS Torut yang menggunakan ijazah palsu, dua di antaranya memalsukan akta IV atau akta mengajar. Keduanya adalah Rita Karangan dan Santy Sulle. Sedangkan tujuh orang lainnya menggunakan ijazah palsu S1 (strata satu) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (SGSD).Mereka adalah Ervina, Ruth Tiku Tonapa, Agustina,Rahim Untung Besol, Agustinus Ramen,Arif Tandibua, dan Very Palallo. Tak hanya kasus ijazah palsu.

Setelah sembilan CPNS Torut itu terindikasi menggunakan ijazah palsu,muncul surat kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar yang menyatakan bahwa ijazah sembilan CPNS tersebut asli. Namun, setelah diklarifikasi ke UNM, ternyata surat tersebut palsu juga. Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UNM Kamaruddin mengungkapkan, UNM telah mengeluarkan hasil verifikasi dan menyatakan bahwa ijazah sembilan CPNS tersebut palsu.

Hasil verifikasi tersebut disampaikan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Toraja Utara.Indikasi ijazah yang palsu tersebut antara lain tidak terdaftar dalam buku register alumni UNM.Selain itu, tanda tangan pejabat rektor berbeda dengan yang asli.“BKD Toraja Utara melakukan verifikasi terhadap 36 CPNS yang lulus menggunakan ijazah UNM,setelah diverifikasi ada sembilan berijazah palsu,” katanya.

Namun, kata Kamaruddin, belakangan muncul surat tertanggal 19 April 2011 yang isinya bertolak belakang dengan surat yang pertama. Surat kedua yang diterima oleh BKN Makassar ini disebutkan bahwa sembilan ijazah tersebut asli. Surat ini, kata dia, diduga hendak digunakan oleh pelaku untuk meloloskan sembilan CPNS yang telah dipastikan menggunakan ijazah palsu.

“Sekali lagi kami sampaikan bahwa sembilan CPNS itu menggunakan ijazah palsu. Surat yang menyatakan bahwa ijazah itu asli tidak benar. Surat itu yang kedua itu palsu, karena kami tidak pernah mengeluarkan surat selain yang menyatakan bahwa sembilan CPNS itu berijazah palsu. Kami sudah menyurati ulang BKN,” kata Kamaruddin di ruang kerjanya,kemarin.

Dia mengatakan,surat palsu UNM ini terbongkar setelah BKN Makassar mempertanyakan adanya dua surat dari UNM yang isinya saling bertentangan. Namun,sampai siang kemarin, belum diketahui sumber surat kedua yang palsu tersebut. BKN tidak akan memberikan NIP sebelum diverifikasi oleh kampus asalnya. Terpisah, Kapolres Tanah Toraja AKBP Yudi Agustinus Bunyamin mengakui belum mengusut kasus pemalsuan ijazah yang melibatkan sembilan CPNS di Toraja Utara.

Dia mengatakan, kasus ini adalah pidana murni. “Kalau sudah ada laporan tentu akan kita tangani. Silakan dilaporkan kepada kami dan akan ditindak lanjuti. Dalam kasus ini Pemda yang dirugikan,” kata Yudi Agustinus kepada SINDO. Untuk diketahui, selain sembilan CPNS Tojara Utara,UNM juga telah menemukan puluhan CPNS dari daerah lain yang menggunakan ijazah palsu.

Di antaranya ditemukan di Mamasa sebanyak 20 kasus, Mamuju 7 kasus,Jeneponto 4 kasus,Mamuju Utara 6 kasus,dan Kepulauan Aru 3 kasus. Selain itu, terdapat dua kasus di Pinrang,Maros,dan Tana Toraja. Selebihnya masingmasing satu kasus di Toli-toli, Buol,Maluku Tengah,Bantaeng, BuruMaluku, Makassar, Luwu Timur, Polman,dan Palopo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: