Informasi CPNS Terupdate

PNS di Garut Berlebih

Posted on: July 8, 2011

Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Garut berlebih.Kondisi ini disebabkan ketidakmampuan dalam memproyeksikan kebutuhan pegawai dengan jenis pekerjaan.

Karena itu, pemkab perlu melakukan pemerataan pegawai agar pelayanan publik terlayani. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Garut Elka Nurhakimah menjelaskan, banyak pegawai yang terkonsentrasi di perkotaan. ”Pemerataan perlu segera dilakukan. Jumlah pegawai berstatus PNS di Garut saat ini sebanyak 20.803 orang,”katanya.

Meski berlebih, lanjut Elka, sebenarnya pihak Pemkab Garut masihkekurangantenagateknis. Pasalnya, sebagian besar pegawai dari jumlah itu berlatar belakang pendidikan ilmu sosial. Elka mengungkapkan, dana yang dianggarkan pihak Pemkab Garut untuk membayar gaji para PNS ini setidaknya telah mencapai 80% dari total anggaran daerah sebesar Rp1,5 triliun. Sementara itu,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut Lucky Lukmansyah sependapat bila pemerataan PNS mesti segera dilakukan di setiap lini.

Menurut dia, setiap PNS mesti bisa memenuhi tuntutan pekerjaan dalam rangka melayani masyarakat.” Bila terjadi penumpukan di kota, sudah seharusnya pemerintah melakukan pemerataan. Jika tidak, pelayanan terhadap masyarakat di pelosok bisa terhambat karena keterbatasan pegawai,”katanya.

Namun, dia menyarankan, pemerintah bisa bersikap adil dalam mengambil langkah pemerataan. Lucky menilai, kekurangan ini setidaknya terjadi karena ada kesalahan saat memproyeksikan kebutuhan dari jenis pekerjaan yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: