Informasi CPNS Terupdate

PNS Nikmati Gaji Ke-13

Posted on: July 8, 2011

Ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di Kota/Kabupaten Cirebon menikmati gaji ke-13, kemarin. Pemerintah daerah telah membagikan hak PNS itu sesuai dengan ketentuannya.

Selain itu, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah juga telah mengeluarkan surat perintah pengeluaran dana. Gaji ke-13 untuk PNS di Kota dan Kabupaten Cirebon itu menghabiskan dana APBD sebesar Rp73 miliar lebih. Dari jumlah tersebut sekitar Rp53 miliar dialokasikan Pemkab Cirebon bagi 17.000 PNS.

Sementara Pemkot Cirebon mengalokasikan sekitar Rp20 miliar bagi 6.983 PNS,termasuk CPNS. Sekretaris Daerah Kota Cirebon Hasanudin Manap mengatakan, pembagian gaji ke- 13 dilakukan di tingkat OPD masing-masing. Dari jumlah PNS yang ada, sebanyak 3.242 orang di antaranya berasal dari satuan Dinas Pendidikan. Jumlah PNS di satuan tersebut diakuinya merupakan yang terbesar dibanding satuan lain.Sementara itu,jumlah gaji ke-13 yang diterima masing- masing PNS sama dengan gaji yang diterima setiap bulan. “Hanya, tanpa tunjangan beras dan TPP,”katanya kemarin saat dihubungi SINDO.

Di Kabupaten Cirebon,pencairan gaji ke-13 berdasarkan pantauan tidak sampai menimbulkan antrean di kantor OPD, salah satunya Dinas Pendidikan (Disdik). Selain pencairan gaji bertepatan dengan libur sekolah, dana untuk gaji juga diambil perwakilan Unit Pelaksana Teknis Pendidikan kecamatan masing-masing dan kepala sekolah. Sekretaris Disdik Asdullah menyebutkan, dari total anggaran Rp37 miliar dihabiskan untuk kalangan PNS Disdik.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cirebon Nasrudin Azis mengingatkan kalangan PNS dan CPNS tidak menganggap gaji ke-13 sebagai bagian dari hak saja,melainkan harus dijadikan motivasi dalam meningkatkan kinerja. “Seorang PNS harusnya malu menerima gaji ke-13 jika pada jam kerja masih tidak produktif,”tegasnya. Sementara itu, di Kabupaten Kuningan, gaji ke-13 PNS segera dibagikan pada 11 Juli mendatang. Kabag Humas Setda Kabupaten Kuningan mengatakan, waktu pencairan gaji ke-13 ini memang berbeda-beda dengan daerah lain.

Hal tersebut tergantung dari kesiapan SOPD dalam menyerahkan data- data pegawai dan administrasi keuangan ke Bagian Keuangan. “Jadi,ada daerah yang pencairannya lebih cepat atau juga lebih lambat dari Kabupaten Kuningan,”kata Agus. Agus berharap para PNS di Kabupaten Kuningan tidak perlu lagi khawatir gaji ke-13 batal dibagikan karena sekarang hanya tinggal menunggu tanggal yang telah ditetapkan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: