Informasi CPNS Terupdate

Pemerintah Hentikan Penerimaan CPNS

Posted on: July 9, 2011

Bagi yang berniat mendaftar jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini tampaknya harus bersabar. Karena, kemungkinan besar pendaftaran tahun ini bakal dipending.

Beberapa faktor menjadi latar belakang penundaan itu. Antara lain, beratnya beban belanja pegawai dalam struktur anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Juga, karena distribusi yang tidak merata di setiap bagian. Kenyataan lain juga, banyak PNS yang tidak jelas pekerjaannya. Padahal yang mampu bekerja dengan baik justru tidak banyak.

Tapi yang paling mendasar terkait penundaan itu adalah keputusan pemerintah pusat untuk menghentikan sementara penerimaan CPNS. Keputusan tersebut sudah disepakati stakeholder lainnya dalam rapat khusus yang digelar belum lama ini. Selanjutnya, akan dilakukan evaluasi dan monitoring kondisi PNS di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia.

Perihal kesepakatan penundaan itu disampaikan Mantan Bupati Luwu Utara (Lutra) yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Wakil Presiden RI Bidang Desentralisasi dan Otonomi Daerah, Luthfi A Mutty. Ia menegaskan hal itu dalam kunjungan kerjanya mendampingi Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BBKN), Sugiri Syarief ke Kota Palopo, Kamis, 7 Juli.

Menurut Luthfi, pengangkatan CPNS dihentikan untuk sementara karena tengah dilakukan monitoring jumlah PNS se-Indonesia yang tersebar di kabupaten/kota. “Sekarang ini pemerintah pusat menemukan ada sepuluh kabupaten/kota, termasuk di Sulawesi Selatan yang tidak mampu membayar gaji pegawainya. Hal ini diakibatkan terlalu banyak PNS di kabupaten/kota tersebut,” tutur Luthfi.

Temuan ini, tambah Luthfi, mengakibatkan pemberian otonomi daerah ke beberapa kabupaten/kota juga terancam dicabut. “Posisi kabupaten/kota yang mengalami perkembangan PNS yang sangat signifikan, memungkinkan pemerintah akan memberlakukan sistem distribusi pegawai ke daerah yang minim pegawainya,” jelasnya.

Luthfi menjelaskan, alternatif distribusi pegawai sangat memungkinkan diterapkan. Karena akan mengurangi pengangkatan PNS setiap tahun. “Jadi kesimpulannya, tidak ada pengangkatan PNS tahun ini,” katanya.

Kepada Wali Kota Palopo, HPA Tenriadjeng, Luthfi memintanya agar bersabar seiring adanya temuanya ini. Karena, pengusulan pengangkatan tenaga penyuluh lapangan keluarga berencana jadi PNS di Kota Palopo kemungkinan belum bisa direalisasikan tahun ini,” tandas Luthfi.

Pada kesempatan itu, Luthfi juga menyinggung soal pengusulan pengkatan Sekdes dan aparat lurah/desa menjadi PNS. Menurut dia, hal itu sangat sulit direalisasikan. Karena, banyak terjadi dugaan manipulasi data yang dilakukan aparat desa. Misalnya, ramai-ramai mengangkat keluarga dan kerabatnya menjadi apartur desa agar bisa jadi PNS.

Wali Kota Palopo, HPA Tenriadjeng yang dikonfirmasi terpisah mengenai adanya rencana penghentian sementara rekrutmen CPNS itu mengatakan, Pemkot Palopo berharap kebijakan itu berubah. “Yah, kebijakan lanjutan tetap kita tunggu dari Menpan,” singkat Tenriadjeng.

SUMBER : FAJAR

1 Response to "Pemerintah Hentikan Penerimaan CPNS"

bukan sudah di buat kapasitas cpns di seluruh daerah setiap tahunya agar tidak menumpuk pns.
pemerintah harus punya solusi yg baik agar semuanya bisa berjalan,,banyak lulusan sajarna setiap tahunnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: