Informasi CPNS Terupdate

Pemerintah Kabupaten Sukabumi Kekurangan PNS

Posted on: July 30, 2011

Pemkab Sukabumi sampai saat ini masih kekurangan tenaga pegawai negeri sipil (PNS), terutama di sektor pendidikan, kesehatan, dan pengelolaan keuangan.Pemerintah setempat pun berharap ada perekrutan pegawai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sukabumi Adjo Sardjono mengakui wilayahnya kekurangan PNS.Menurut dia, PNS di sektor pendidikan masih sangat minim.Jumlah tenaga pengajar di tingkat sekolah menengah pertama dan atas (SMP/SMA) belum memadai. “Kami juga masih kekurangan jumlah tenaga medis. Jumlahnya masih sangat terbatas, terutama dokter spesialis,” ungkap Adjokepada SINDO.

Untuk mengetahui tingkat kebutuhan PNS, pemerintah daerah tengah melakukan pendataan ulang dan evaluasi terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengalami kelebihan tenaga PNS.Langkah ini diambil untuk efisiensi anggaran belanja rutin yang meliputi gaji untuk 16.300 PNS. “Kita masih membutuhkan tambahan PNS,namun sisi lain belanja pegawai mencapai Rp800 miliar,”jelas Adjo.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Suwanda Somawinata menegaskan, untuk beberapa tahun ke depan, pemerintah daerah harus menghentikan sementara (moratorium) perekrutan PNS.Hal ini ditujukan menghemat anggaran belanja pegawai. “Permasalahannya bukan harus menambah jumlah PNS, tapi perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan. Bayangkan saja,tahun ini saja belanja pegawai menyedot 70% dari total APBD sebesar Rp1,3 triliun,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: