Informasi CPNS Terupdate

Pemprov Jatim Kekurangan 7.000 PNS

Posted on: February 8, 2012

Pemberlakuan moratorium pegawai negeri sipil (PNS) mulai berdampak di Jatim. Buktinya, saat ini Pemprov Jatim mengaku kekurangansekitar 7.000 PNS untuktenaga tenaga teknik dan medis.

Untuk memenuhi kekurangan tersebut, kemungkinan besar pada tahun ini,Pemprov akan membuka rekrutmen CPNS. Kekurangan PNS yang paling banyak ada pada tenaga medis yang mencapai sekitar 3.000 orang.Kekurangan mulai dari tenaga perawat, bidan hingga dokter spesialis.Kebutuhan tenaga medis tersebut berada di beberapa tempat kesehatan milik pemerintah, seperti di pondok kesehatan desa (ponkesdes), Puskesmas hingga rumah sakit (RS).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Akmal Budianto menerangkan, adanya kekurangan kebutuhan PNS tersebut diketahui setelah dilakukan pendataan.”Tujuan dari moratorium adalah untuk melakukan pendataan PNS, apakah ada kekurangan atau kelebihan.Dan diketahui Pemprov Jatim kekurangan sekitar 7.000 PNS untuk tenaga medis dan teknik,” kata Akmal, kemarin.

Namun, Akmal tidak memungkiri kalau saat ini memang ada beberapa instansi yang jumlah pegawainya kegemukan. Karena itu, pihaknya berencana memindah sejumlah PNS dari instansi yang kegemukan ke instansi yang kekurangan PNS. Sayangnya, kebanyakan instansi yang mengalami kegemukan jumlah pegawai adalah tenaga teknik umum,sehingga untuk penempatan ke lokasi baru, dibutuhkan pelatihan khusus.”Jumlah PNS di instansi kegemukan itu ada sekitar 1.000 orang.

Mereka akan dipindahkan sesuai dengan latar belakang mereka.Tapi bagi tenaga khusus, seperti pelatih di balai pelatihan dan beberapa tempat lainnya akan dilakukan pelatihan terlebih dulu,”jelasnya. Pendistribusian PNS ini sudah dilakukan sejak 2011 lalu. Dipastikan,mutasi yang dilakukan tidak akan mengganggu kinerja. ”Ya terus kami lakukan mutasi secara bertahap,sehingga tidak menjadi berita yang gebyar,”sambungnya. Untuk perekrutan CPNS tersebut akan diajukan ke Gubernur Jatim.

Jika mungkin dilakukan maka peluang pelaksanaannya pada Oktober hingga November mendatang. Diharapkan dari perekrutan tersebut akan mampu memenuhi kebutuhan PNS di Pemprov Jatim. Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Jatim Nizar Zahro meminta supaya Pemprov Jatim tidak tergesa-gesa melakukan rekrutmen CPNS. Untuk melakukan perekrutan harus dilakukan koordinasi terlebih dahulu dengan DPRD Jatim, khususnya Komisi A.

Sebab dari data yang dimiliki Komisi A, saat ini PNS Jatim sudah lebih dari 24.000 orang.Tentu jumlah tersebut sudah membebani APBD Jatim 2012. ”Total anggaran untuk gaji PNS lebih dari Rp1,8 triliun, sehingga kalau ingin menambah PNS harus memikirkan anggarannya. Jangan sampai APBD Jatim banyak tersedot untuk gaji PNS.

Lantas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat diambilkan dari mana? Rakyat lebih membutuhkan anggaran lewat program- program yang bermanfaat bagi mereka,”kata Nizar. Namun dari dari dengar pendapat (hearing) kemarin, sudah diputuskan tidak ada penambahan pegawai karena beban APBD untuk gaji pegawai bisa semakin berat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: